Selasa, 09 Agustus 2011

Simbol Kristen unik

1. Gereja Terbesar di Dunia (Cologne Cathedral - Jerman)
Merupakan gereja terbesar di dunia yang berada di Kota Cologne-Jerman, permukaannya memiliki luas 7.000m2 dengan dua menara yang kokoh setinggi 156 m di kedua sisinya. Tidak diperkenankan memakai penutup kepala baik topi atau bentuk lainnya kalau ingin masuk ke dalam gereja. Di bawah gereja terdapat makam tokoh penting Katedral ini. Pembangunan Katedral ini dimulai sejak Tahun 1248-1880. Di dalam gereja terdapat dua altar.

2. Salib Terbesar di Dunia(Tiang Utama Hotel Burj Al Arab - Dubai)
Hotel Burj Al Arab merupakan hotel yang tertinggi di dunia dibangun pada Tahun 1994-1999 oleh Said Khalil dengan arsitek Tom Wright dari WS Atkins PLC. Memiliki tinggi 321 m dengan 60 lantai yang berdiri di atas pulau buatan berjarak 280m dari tepi pantai Jumeirah. Bentuk dasar bangunan menyerupai kapal khas Arab. Satu-satunya hotel di dunia yang memiliki lapangan tenis di helipad di puncak bangunan dan lobby tertinggi di dunia. Jika anda googling images Burj Al Arab dengan angel pengambilan dari arah laut di belakang hotel, maka akan kelihatan bentuk "SALIB". Sebelum peresmian arsiteknya mengumumkan, bahwa ia sengaja memilih salib ini sebagai tiang utama dan tidak mungkin untuk menghilangkannya meski sedikitpun. Salib ini merupakan salib terbesar di dunia dan ia menghadap ke arah kiblat.

3. Patung Yesus Terbesar di Dunia (Christ Redeemer/Patung Kristus Penebus - Brazil)
Dalam Bahasa Portugis, Patung Kristus Penebus disebut dengan Cristo Redentor yang terdapat di Rio de Janeiro Brasil merupakan patung bergaya Art Deco terbesar di dunia. Patung ini memiliki tinggi 38 meter terletak di puncak Gunung Corcovado yang tingginya 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca yang menghadap ke kota. Christ Redeemer didesain oleh Heitor da Silva Costa dan dipahat oleh Paul Landowski asal Prancis. Proyek dikerjakan selama 9 tahun dari 1922 hingga 12 Oktober 1931, dengan biaya 250.000 US$. Untuk mencapai Patung ini harus menaiki anak tangga sebanyak 220 buah, namun pada tanggal 20 Januari 2003 telah dibangun lift dan escalator. Patung ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 2003, dan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

4. Alkitab Tertua di Dunia (The Codex Sinaiticus/Naskah Manuskrip Lengkap Perjanjian Baru dari Abad ke-4)di-publis secara on-line
Codex Sinaiticus adalah salah satu naskah kuno dalam bentuk manuskrip (salinan tangan) yang sangat penting bagi ke-Kristen-an. Codex (naskah kuno) ini berisi naskah-naskah Perjanjian Baru yang ditulis dengan huruf Yunani uncial (kapital). Halaman dari buku kuno ini, ditulis tangan lebih dari 1.600 tahun yang lalu dan bagian-bagian dari Alkitab ini sempat terpisah dan berada di empat negara yang berbeda. Dalam Codex ini, naskah-naskah Perjanjian Baru disalin secara lengkap dari Matius sampai Wahyu. Selain itu dalam Codex ini juga terdapat salinan-salinan naskah Septuaginta (LXX) yaitu teks Perjanjian Lama berbahasa Yunani. Sekarang The Codex Sinaiticus sebanyak 800 halaman naskah telah di-publish secara on-line oleh British Library di London. Perubahan format naskah ke dalam bentuk digital ini melibatkan banyak pihak, seperti Perpustakaan Nasional Inggris, Perpustakaan Nasional Rusia, Perpustakaan Leipzig University Jerman, dan St. Catherines Monastery di Mesir. Ke-empat pihak ini mengadakan negosiasi untuk mengumpulkan semua fragmen. Anggota tim proyek Codex Sinaiticus telah bekerja selama 4 tahun agar bisa mengubah Alkitab Kristiani tertua di dunia ini dalam bentuk digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar