Rabu, 17 Agustus 2011

Memberi dan menerima

Kis 20:35 "...adalah lebih bahagia memberi daripada menerima". Memberi dan menerima adalah dua hal yang selalu kita alami dalam hidup di dunia, ada saatnya memberi dan ada saatnya menerima. Dua hal yang akan selalu terjadi dan dua hal yang akan selalu kita alami. Ada yang dalam hidupnya lebih banyak memberi ada yang dalam hidupnya lebih banyak menerima. Orang yang memberi adalah orang yang kehilangan sesuatu,sedangkan orang yang menerima adalah orang yang memperoleh sesuatu.Kebanyakan manusia lebih suka memperoleh daripada kehilangan(hal2 baik), itulah sebabnya banyak orang lebih suka menerima daripada memberi. menerima sesuatu yang baik memang sangat menyenangkan, entah orang yang memberi melakukannya dengan tulus atau tidak tetaplah menerima hal yang baik adalah menyenangkan. Saat saya memberikan beberapa receh uang ke seorang pengemis, tidak selalu didasari karena saya berbelas kasihan, tapi karena saya tidak ingin dia mengganggu dan mengikuti saya.tapi walaupun si pengemis tau saya memberi tidak dengan tulus tetap saja dia senang karena menerima beberapa uang receh dari saya. Walau menerima lebih menyenangkan daripada memberi tetapi Tuhan dengan tegas berkata bahwa yang memberi adalah yang lebih berbahagia. Mustahil firmanNya salah, itulah sebabnya saya percaya bahwa memberi lebih baik daripada menerima.
     Memberi lebih baik daripada menerima karena orang yang memberi mempunyai sesuatu untuk diberikan. orang yang tidak mempunyai sesuatu tidak dapat memberikan sesuatu juga kepada orang lain itulah sebabnya memberi lebih baik daripada menerima.orang yang memberi adalah juga orang yang menerima, karena dengan memberi otomatis dia juga menerima. Berilah maka kamupun akan diberi, itulah hukum tabur tuai.Memberi yang dikenan Tuhan adalah memberi dengan hati yang tulus, karena memberi bukanlah hanya memberi sesuatu tetapi juga memberikan cinta kasih.

     Memberi yang dikenan Tuhan adalah memberikan apa yang bernilai bukan apa yang berharga. Kisah seorang janda miskin yang memberikan dua peser uangnya adalah contohnya. janda ini memberi dari kekurangannya, sedangkankan orangkan orang-orang kaya memberikan dari kelimpahannya. dua peser yang janda ini berikan tidak berharga karena jumlah nominalnya yang kecil, tetapi sangat bernilai karena dua peser itu lah seluruh harta dari sang janda tua. Memberikan apa yang bernilai itulah yang dikenan Tuhan, memberikan apa yang dikenan Tuhan itulah yang membuat kita berbahagia. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar