Rabu, 01 April 2020

RAHASIA NAMA TUHAN: Nama Tuhan adalah Yahweh?

 


  Munculnya gerakan Penggunaan nama "Yahweh" di Indonesia sempat menimbulkan Pro Konta di kalangan orang-orang Kristen. Gerakan ini menginginkan orang-orang Kristen untuk kembali menggunakan nama "Yahweh" untuk menyebut nama Tuhan. Nama "Yahweh" di anggap nama yang benar, nama asli Tuhan, nama yang Tuhan inginkan diri-Nya disebut. Sedangkan untuk nama Yesus harus mengunakan nama dalam bahasa Ibraninya yaitu Yeshua HaMashiach (Yeh-SHOO-ah Ha-Mah-SHEE-akh).

Pertanyaannya adalah benarkah "Yahweh" adalah nama yang turun dari surga? nama yang tidak boleh diterjemahkan ke dalam bahasa lain? nama yang harus di gunakan oleh semua orang Kristen tanpa terkecuali?

Darimanakah nama "Yahweh" berasal? Yahweh adalah pelafalan dari kata YHWH.  Alkitab perjanjian lama bahasa Ibrani mengunakan nama YHWH untuk menyebut nama Tuhan, karena takut menyebut nama Tuhan dengan sia-sia maka orang-orang Yahudi menggunakan kata "Adonai" ,Tuanku, ketika membaca huruf YHWH yang di anggap sakral. Sebelum jaman Musa manusia dan bangsa Israel tidak mengenal nama YHWH.
Kapan nama YHWH pertama kali muncul?
Keluaran 3:14. Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU 1 ." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU r telah mengutus aku kepadamu."

AKU ADALAH AKU dalam bahasa Ibrani adalah "Ehyeh Asyer Ehyeh"אהיה אשר אהיה
"Ehyeh Asyer Ehyeh" berasal dari suku kata YHW dan YWH yang ditulis YHWH
Jadi YHWH adalah AKU adalah AKU sebagaimana AKU ada
YHWH atau Yahweh atau AKU adalah AKU bukanlah nama yang turun dari langit 
Karena itu sesungguhnya tidak ada nama yang turun dari langit.
Karena Tuhan pencipta langit dan bumi adalah Alfa dan Omega atau yang awal dan yang akhir maka tidak ada  yang lain selain DIA. Oleh sebab itu pemakaian nama "Yahweh" di kalangan orang Kristen bukanlah sebuah keharusan!

bagaimana dengan nama Yesus? apakah harus memakai nama Yeshua HaMashiach ? apakah ketika hidup di dunia sebagai manusia orang memangilnya Yeshua HaMashiach ? 
Yesus hidup dalam masyarakat Yahudi dalam kekuasaan bangsa Romawi, bahasa sehari-hari yang digunakan bukan lagi bahasa Ibrani, namun bahasa Yunani, bahkan sebagian besar orang Yahudi pada waktu itu tidak dapat berbahasa Ibrani. Alkitab perjanjian baru tertua yang ditemukan di tulis dalam bahasa Yunani bukan bahasa Ibrani. dan nama Yesus yang tertulis bukan Yeshua HaMashiach namun IESOUS CHRISTOS Ἰησοῦς Χριστός

ARS

#nama #NAMATUHAN #YESUS #YHWH #YAHWEH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar