Senin, 26 November 2018

John Allen Chau Missonaris Amerika yang Martir di pulau Sentinel



Missionaris asal Amerika bernama John Allen Chau mati martir di Pulau Sentinel, sebuah pulau terlarang yang terletak di kepulauan andaman. Kepulauan Andaman adalah kepulauan yang termasuk dalam wilayah pemerintah India, suku2 yang berada di kepulauan andaman telah bermigrasi dari afrika sekitar 50.000 tahun yang lalu, dan sampai sekarang tidak pernah tersentuh peradaban manusia.
   Suku2 yang mendiami pulau Sentinel Utara tidak pernah tersentuh peradaban dan menghindari kontak dengan dunia luar, orang2 yang menjejakkan kaki di pulau itu telah banyak di bunuh dengan panah mereka, penduduk di pulau setinel utara ini tidak diketahui bagaimana kebudayaan dan cara hidupnya. tapi diperkirakan mereka hidup dengan berburu dan mengambil tanaman di hutan.
  Pemerintah India telah berusaha menjalin kontak dengan mereka namun selalu gagal, pada tahun 2006 dua orang nelayan di bunuh oleh suku sentinel karena secara tak sengaja merapat terlalu dekat.
bahkan ketika tahun 2004 terjadi tzunami di kepulauan Andaman pemerintah Indah berusaha melihat keadaan mereka dan mengirim bantuan, namun suku2 ini menembaki helikopter dengan panah2 mereka.
  John Allen Chau adalah seorang missionaris muda yang suka berpetualang dan berani, dia berusaha mengabarkan injil Kristus kepada penduduk pulau Sentinel utara. John Allen Chau berusaha menjalin kontak dengan sentinel, dia membayar nelayan lokal yang mengantarkannya ke pulau sentinel. tanggal 15 November 2018 di mendarat di pulau sentinel dan berusaha menawarkan hadiah untuk menarik perhatiian mereka, namun suku sentinel justru melemparinya dengan panah, john berbalik arah dan berenang ke kapal nelayan yang mengantarnya, nyawanya selamat. malam harinya John menulis di catatannya " Saya mencoba sangat baik kepada mereka, kenapa mereka begitu marah dan agresif" tapi John muda tidak putus asa, esoknya dia kembali lagi, dan ketika dia mendarat di pasir pantai suku sentinel dengan marah menghujaninya dengan panah namun John  terus berjalan ketika panah menembus tubuhnya, suku sentinel mengikat tali di leher John menyeretnya. Bahkan hingga sekarang polisi belum berani mengambil mayatnya yang martir di pulau sentinel.
   Jhon Allen Chau telah kembali ke rumah Bapa, John telah mati, namun namanya akan selalu di ingat sebagai orang muda yang berani mati untuk memenuhi amanat agung Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar