Sabtu, 23 Juni 2012

Tombak Longinus

Legenda Misterius Tombak yang menusuk perut Yesus - Longinus's Spear

Longinus's Spear / Spear of Destiny
     Umat Kristiani pasti tahu, bahwa Yesus pernah ditusuk di lambung saat Ia disalibkan oleh seorang prajurit romawi ynag bernama Longinus. Uniknya kepala tombak yang pernah menikan lambung sang Juru Selamat Umat Kristiani ini diperebutkan oleh para penguasa dunia yang haus kekuasaan seperti BarbarosaNapoleon bahkan Hitler, dan benda ini pun menyimpan banyak rahasia yang unik didalamnya, berikut kita simak beberapa peristiwa yang dialami oleh penguasa yang pernah memilikinya.


Charlemagne 
            Menurut Tradisi orang Jerman, Charlemagne, Pendiri kekaisaran Romawi suci dan juga Raja dari kaum Frank pernah memenangkan 47 kali pertempuran karena ia memegang kepala dari tombak Longinus ini, namun anehnya dia mati dalam suatu pertempuran karena ia meletakkan tombak tersebut walaupun hanya sebentar saja, hal yang serupa pun terjadi pada Kaisar Fridrich Barbarosa.


Adolf  Hitler
             Tombak suci ini dicuri oleh Hitler dari Hapsburg dan lalu disembunyikan di Gereja St. Catarina, anehnya pada tanggal 30 April '45 pukul 14.10 ujung tombak tersebut diambil oleh Lt. Walter William Horn dari tentara AS, dan 80 menit setelahnya di hari yang samaHitler bunuh diri di tempat persembunyiannya di Berlin (namun, belum dapat dipastikan bagaimana Hitler wafat), apakah peristiwa ini ada hubungannya dengan tombak yang sudah tidak dimilikinya lagi itu?




General George S. Patton
              Jendral George diduga membuat duplikat dari tombak ini karena ia mengetahui bahwa Jendral Eisenhoweringin mengembalikan pucuk tombak tersebut kepada pemiliknya di Wiena. Sehingga, tombak yang palsu pun dibawa oleh Jendral Eisenhower sementara tombak yang asli dibawa oleh Jendral Patton yang menyebabkan ia menjadi seorang jendral terhebat didunia sampai 20th Century Fox membuat film khusus tentang beliau dan memenangkan 8 Hadiah Oscar.
             

  Tombak Tersebut sekarang berada diMuseum di Austria, namun tidak dapat dipastikan apakah itu tombak yang asli atau duplikatnya.
















Sekilas tentang Longinus - Prajurit yang menikam lambung Yesus Kristus


              Longinus atau Gaius Cassius Longinus adalah tentara romawi yang ditugaskan untuk menjaga Yesus di bukitGolgota dan tugas itu pun adalah tugas perdananya, sehingga tombaknya pun belum pernah digunakan untuk melukai ataupun membunuh, dan tombak itu pertama kali digunakan untuk menikam lambungYesus di kayu salib.
               Setelah Yesus dimakamkan, Pilatus memerintahkan Longinus untuk menjaga makam Yesus, namun pada hari ketiga saat Yesus bangkit, Longinus segera pergi ke kota dan menyebar luaskan berita tentang kebangkitan Yesus. Tentu saja berita ini ditolak oleh orang Farisi dan akhirnya Longinus ditangkap dan dibunuh oleh rekan-rekannya atas hasutan orang Farisi.
                Longinus, walaupun telah menusuk lambung Yesus dengan tombak, ia percaya akan kebangkitan-Nya dari kematian, dan ia dibunuh karena kesaksian itu. Dan sekarang ia disebut-sebut sebagai martir pertama  dari pengikut Kristus (masih belum dapat dipastikan, karena ada yang menyebut Stefanus sebagai martir pertama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar